3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Outfit Batik

0
111

Warna Batik
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna dominan dasar batik yang biasa disebut background. Pemilihan warna dasar ini jadi patokan saat memilih padupadan dengan pakaian lainnya. Untuk acara kasual, kamu bisa menggunakan warna-warna yang cerah, seperti merah, kuning, atau ungu. Sedangkan untuk acara formal, kamu bisa memilih warna yang lebih gelap atau monokrom (hitam/putih).

Motif Batik
Selalu pastikan bahwa perpaduan antara warna motif batik dengan warna dasar batik sesuai dan serasi. Jika kamu memiliki tubuh yang besar, pilihlah baju batik yang memiliki motif geometris yang berukuran sedang, atau kombinasi motif geometris yang besar dengan yang ukurannya kecil agar sesuai dengan proporsi tubuh anda. Sedangkan bila kamu memiliki tubuh yang mungil, jangan ragu untuk memilih baju batik bermotif geometris berukuran sedang agar bentuk tubuh tampak lebih proporsional.

Batik Casual atau Formal
Pilih oufit batik dengan pola flora atau fauna, atau kombinasi warna yang cerah untuk kesan aktif dan ceria. Outfit batik seperti ini cocok untuk gaya casual. Agar lebih nyaman, pilih outfit batik casual yang terbuat dari katun.
Sedangkan untuk acara formal seperti ke kantor atau meeting, sebaiknya pilih baju batik dengan kombinasi warna gelap dan pastel. Motif geometris juga bisa dipilih agar penampilan terlihat rapid an formal. Pastikan anda memilih desain busana batik yang simpel namun tegas, sehingga tetap berkesan profesional. Selain itu pilihlah baju batik yang terbuat dari katun dan tambahkan superlining sebagai pelapis dalam (furing) agar jatuhnya busana terlihat lebih tegas dan rapi.